Kamis, 12 April 2018

Keindahan Bawah Laut Taman Laut Tumbak, Sulawesi

Pulau Sulawesi memang seakan tidak pernah ada habisnya untuk terus menunjukkan keindahan surga dunianya. Tentu nama seperti Taman Laut Bunaken memang sudah sangat terkenal akan keindahannya, tetapi masih ada surga bawah laut lain yaitu Taman Laut Tumbak yang juga sama-sama terletak di Pulau Sulawesi. Sebuah daya tarik kuat tersendiri bagi Sulawesi tentunya untuk menjadi primadona bersama dengan pesona tempat wisata Lombok untuk menjadi tujuan utama bagi masyarakat dunia internasional. Wajar memang jika Indonesia menjadi tujuan favorit pariwisata di seluruh dunia.

Wisata Bahari Taman Laut Tumbak Minahasa Tenggara

Pulau tumbak adalah pulau tak berpenghuni yang luasnya kurang lebih 1 hektar, namun alam bawah lautnya lah yang menjadi primadona disini, untuk menikmati alam bawah lautnya anda bisa melakukan kegiatan diving dan snorkeling karena disini anda bisa menikmati 20 spot snorkeling dan diving yang sangat mengagumkan. Namun sebagai rekomendasi anda bisa mengunjungi spot-spot favorit di tempat ini seperti spor Pintu Samudra,Naho Kipas, Taman Karang, MFT1, Bohaga Mangrove, MFT2 dan Bohaga Kecil. Jadi untuk anda pecinta kegiatan snorkeling dan diving selamat menikmati surga anda disini.

LOKASI TAMAN LAUT TUMBAK SULAWESI

pesona taman laut tumbak
pesona taman laut tumbak
Taman Laut Tumbak berpotensi menjadi wisata andalan bagi Sulawesi karena keindahan surga bawah lautnya yang tidak kalah bagusnya dengan Taman Laut Bunaken. Berlokasi di provinsi yang juga sama dengan Taman Laut Bunaken yaitu Provinsi Sulawesi Utara, Taman Laut Tumbak tepatnya terletak di sisi tenggara provinsi yaitu di Desa Tumbak, Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara. Sekarang tempat tersebut memang belum banyak diketahui, akan tetapi di sinilah letak suatu tempat dengan gugusan kepulauan yang menakjubkan serta surga bawah lautnya yang begitu menawan.
Jarak tempuh menuju Taman Laut Tumbak tidaklah terlalu jauh dari Kota Manado. Hanya sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi, pengunjung sudah memasuki kawasan Taman Laut Tumbak untuk menikmati keindahan alamnya. Kota terdekat lainnya adalah Kota Amurang dengan jarak tempuh selama sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sesampainya di Desa Tumbak, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu. Perahu yang digunakan adalah milik nelayan yang juga disewakan untuk mengantar pengunjung ke Pulau Tumbak dengan jarak tempuh hanya sekitar 10 menit saja.
Sebagai informasi tambahan, nama Tumbak pada Taman Laut Tumbak merupakan akronim dari “Tumbuhan Bakau” karena tanaman bakau yang mendominasi sekitar Desa Tumbak dengan luas mencapai 1 hektar. Sesampainya di Pulau Tumbak, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas mulai aktivitas bahari seperti menikmati keindahan lautnya yang masih alami, atau melakukan perjalanan singkat ke puncak bukit yang terdapat di pulau ini untuk menikmati hamparan bentang alam birunya lautan luas dengan gugusan pulau-pulau kecilnya yang begitu mempesona. Pulau Tumbak adalah pulau yang tidak berpenghuni.

KEUNIKAN TAMAN LAUT TUMBAK

Titik snorkeling tersebar luas di Taman Laut Tumbak yang sekaligus menawarkan paket-paket wisata bahari terlengkap termasuk memancing dan juga menyelam. Taman Laut Tumbak juga memiliki keindahan khasnya tersendiri yaitu pesona keindahan pemandangan hamparan laut dengan gugusan pulau-pulau kecilnya yang tidak dimiliki oleh Taman Laut Bunaken. Pengunjung yang ingin merasakan ketenangan di tengah pulau dapat mencari sebuah padang savanatersembunyi di tengah rimbun pepohonan pada pulau-pulau di Taman Laut Tumbak ini. Sebuah pengalaman yang sangat patut untuk dicoba tentunya saat berkunjung.
Keindahan kekayaan bahari Taman Laut Tumbak tentunya tidak perlu dipetanyakan lagi. Terdapat terumbu karang yang indah di bawah permukaan lautnya serta begitu banyaknya spesies ikan. Hal tersebut tentunya akan semakin mempercantik keindahan Taman Laut Tumbak yang begitu lengkap. Hanya tinggal menghitung waktu saja bagi Taman Laut Tumbak untuk mendampingi Taman Laut Bunaken sebagai ikon wisata Sulawesi.
Saat hingga di Desa Tumbak, perjalanan lalu dilanjutkan dengan memakai perahu. Layanan sewa perahu banyak didapati di dermaga Desa Tumbak, mengingat di desa tradisional ini umumnya masyarakat berprofesi sebagai nelayan serta buka layanan penyewaan perahu. Lantaran tempat Pulau Tumbak yang tidaklah terlalu jauh dari dermaga, untuk meraih pulau itu cuma mengonsumsi saat sekitaran 10 menit memakai perahu motor nelayan.
Wisata Keindahan Laut Taman Laut Tumbak Manado Sulawesi Utara
Nama Pulau Tumbak diberikan mengingat tempatnya yang berdekatan dengan Desa Tumbak. Tumbak sendiri adalah akronim dari Tumbuhan Bakau yang luasnya meraih 1 hektar serta menguasai sebagain besar lokasi desa ini. Tidak sama dengan Desa Tumbak, Pulau Tumbak tak berpenghuni serta memiliki luas kurang dari 1 hektar. Walau memiliki ukuran kecil, Pulau Tumbak tawarkan beragam kesibukan wisata bahari lantaran keindahan alamnya yang masihlah begitu alami.
Wisata Keindahan Laut Taman Laut Tumbak Manado Sulawesi Utara
Pulau Tumbak mempunyai bukit, diatas bukit itu ada Makam Syekh Abu Sahmad Baddar, yakni orang yang dikira sesepuh oleh orang-orang Desa Tumbak. Dari atas bukit ini juga, pengunjung dapat melihat hamparan laut biru dengan gugusan pulau yang berjajar indah di perairan tenggara Sulawesi Utara. Terkecuali bukit, Pulau tumbak juga mempunyai padang savana yang belum banyak dijamah oleh manusia. Diselingi rerimbunan pohon, padang savana Pulau Tumbak jadi lokasi yang pas untuk mereka yang mengidamkan tempat hening di dalam pulau.
Wisata Keindahan Laut Taman Laut Tumbak Manado Sulawesi Utara
Diperkaya spot snorkeling yang banyak, Pulau Tumbak adalah satu diantara pulau di Indonesia yang tawarkan paket wisata bahari yang komplit. Terkecuali snorkeling, di pulau ini pengunjung dapat juga memancing serta menyelam. Panorama bawah laut Pulau Tumbak yang menawan semakin buka mata beberapa orang, kalau destinasi wisata bahari di Sulawesi Utara bukan sekedar Bunaken, tetapi juga Tumbak, satu diantara pulau di gugusan pulau sisi tenggara perairan Sulawesi Utara.
Jangan lupa mengunjungi pulau-pulau lain disekitar sini untuk menambah penglaman anda, selain itu disini ada makam tua, makam orang yang dianggap sesepuh di desa tumbak yaitu makan Syekh Abu Sahmad. Untuk anda yang ingin menginap anda bisa menyewa sebuah penginapan di penginapan yang bernama Water Cottage, dimana cottage ini berdiri diatas luat,memiliki 2 buah kamar yang terbuat dari papan dengan harga Rp.350.000/Malam. Dan anda bisa memancing pada malam hari melalui cottage ini, Selamat menikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar